ANALISIS VEGETASI METODE KUADRAT PDF

Metode Teknik Analisis Vegetasi merupakan cara mempelajari dan Bentuk unit sampling dalam survey vegetasi dapat berupa kuadrat, garis dan titik. Oleh karena itu melalui metode minimal area, dengan mudah kita patokan dalam analisis vegetasi dengan metode kuadrat (Anonim, ). KSA dapat digunakan untuk menentukan luas kuadrat tunggal minimum yang Metode dalam Analisa Vegetasi Dalam analisa vegetasi ini.

Author: Morisar Nikodal
Country: Iceland
Language: English (Spanish)
Genre: Finance
Published (Last): 24 October 2017
Pages: 398
PDF File Size: 15.23 Mb
ePub File Size: 12.46 Mb
ISBN: 152-1-65107-869-2
Downloads: 94538
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Kigajind

Kemudian dilakukan pendaftaran dan pengukuran luas penutupan danjarak satu pohon terdekat dengan titik pusat kuadran. Begitu pula pada plot dengan luas 1 x 1 m juga mendapatkan penambahan sebanyak 2 spesies yaitu tanaman kemiri dan jambu. Dalam sampling ini vegerasi tiga hal yang perlu diperhatikan, yaitu jumlah petak contoh, cara peletakan petak contoh dan teknik analisa vegetasi yang digunakan.

Dengan demikian pada suatu daerah vegetasi umumnya akan terdapat suatu luas tertentu, dan daerah tadi sudahmemperlihatkan kekhususan dari vegetasi secara keseluruhan. Berdasarkan tujuan pendugaan kuantitatif komunitas vegetasi dikelompokkan ke dalam 3 kategori yaitu: Jika berbicara mengenai vegetasi, kita tidak bisa terlepas dari komponen penyusun vegetasi itu sendiri dan komponen tersebutlah yang menjadi fokus dalampengukuran vegetasi.

Click here to sign up.

Yudimi Arsepta –

Pohon berdiameter 10 cm atau lebih. Setelah itu ditarik garis singgung pada kurve yang sejajar resultante tersebut. Keadaan ini dapat dikembalikan kepada sifat umum suatu vegetasi yaitu vegetasi berupa komunitas tumbuhan yang dibentuk oleh populasi-populasi. Luas veegetasi digunakan untuk memperoleh luasan petak contoh sampling area yang dianggap representatif dengan suatu tipe vegetasi padasuatu habitat tertentu yang sedang dipelajari.

  DIANA PALMER BIAA SUKNIA PDF

Tumbuhan tanpa bunga atau tangkai, vegetsi memiliki rhizoma seperti akar dan berkayu, dimana pada rhizoma tersebut keluar tangkai daun.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui data kehadiran vegetasimeliputi struktur dan komposisi tumbuhan yang terdapat pada daerah tersebut.

Pada umumnya untuk keperluan penelitian ekologi hutan lebih tepat dipakai systematic sampling, bahkan purposive sampling pun boleh digunakan pada keadaan tertentu.

Penentuan luas minimum dapat dilakukan dengan menentukan titik, saat kurva mulai mendatar. Malang Rasnovi, Suprianto, Bambang. Penentuan ukuran unit contoh dan pengukuran keanekaragaman jenis pohon di zona sub.

ikke arina –

Reoperative minimal access aortic valve surgery: Kurva spesies-area bahasa Inggris: Penyebaran percontohan secara acak 2. Pekerjaan berhenti sampai dimana penambahan luas petak tidak menyebabkan penambahan yang berarti pada banyaknya jenis. Cuplikan yang dibuat kemudian diulangi vfgetasi sehingga menggambarkan suatu jumlah minimumnya artinya tidak ada lagi penambahan spesies pada cuplikan yang telah dibuat Rahardjanto, Unsur struktur vegetasi adalah bentuk pertumbuhan, stratifikasi dan penutupan tajuk.

Hal ini menunjukan daya penyebaran dan adaptasinya terhadap lingkungan.

Total basal dari vegetasi merupakan penjumlahan basal area dari beberapa jenis tanaman. Hal ini juga menunjukkan bahwa luas tersebut serta jenis tumbuhan yang mendominasi di dalamnya dapat mewakili karakteristik suatu vegetasi. Hal dapat dianalisa dengan metode luas minimum dan jumlah minimum ini Harun, Kepadatan absolut ditentukan berdasarkan jumlah individu dalam satuan luas kadrat. Luas petak contoh minimum yang mewakili vegetasi hasil luas minimum, akan dijadikan patokan dalam analisis vegetasi dengan metode kuadrat Anonim, Dengan cara-cara tanpa petak Beberapa metodologi yang umum dan sangat efektif serta efisien jika digunakan untuk penelitian, yaitu metode kuadrat, metode garis, metode tanpa plot dan metode kwarter.

  ERICH FROMM ANATOMIA DE LA DESTRUCTIVIDAD HUMANA PDF

Untuk memenuhi akan kebutuhan data tersebut maka diperlukan suatu nilai yang dapat mewakili jumlah data yang ingin didapat, yaitu melalui pengambilan nilai rata-rata dari suatu populasi yang diwakili oleh suatu tempat plot yang kita asumsikan plot tersebut dapat mewakili jumlah populasi dan kerapatan jenis dari spesies yang akan diamati nantinya. Lalu, untuk menentukan luas minimum, susunlah grafik dari data yang diperoleh, lalu ditarik garis lurus, sehingga terbentu garis singgung yang menunjukan luas daerah minimum.

Penutupan relatif dicatat, jadi persentase tanah yag tertutup vegetasi.

Ordinasi dapat pula digunakan untuk menghubungkan pola sebaran jenis jenis dengan perubahan faktor lingkungan. Menduga tentang keragaman jenis dalam suatu areal.

MINIMAL AREA.docx

Berdasarkan grafik, untuk plot 2 didapatkan luas area minimum yaitu 2 x 4 m yang dikarenakan setelah ditarik garis singgung menyentuh titik 2 x 4 m dengan penambahan spesies sebanyak 5 jenis tumbuhan diantaranya adalah Abrus precatorius LinnBambusa vulgarispoaceaeBauhinia purpureadan Swietenia mahagoni. Daerah minimal yang mencerminkan kekayaan. Untuk vegetasi lumut kerak, misalnya di perlukan ukuran 1cm2. Pada plot analissis dengan luas 0,5 x 1 m ditemukan 2 penambahan spesies yaitu spesies Aspalum conjugatum dan Acirantes aspira.

Posted in Sex